AHSANUNNIDHOM

Berpacu menjadi yang terbaik

Artificial Intelligence

diposting oleh ahsanunnidhom---fst10 pada 07 April 2013
di Umum - 0 komentar

Kuliah pada senin tanggal 1 april 2013, menjelaskan tentang Artificial Intelligence atau biasa dikenal dengan singkatan AI. Artificial Intelligence merupakan salah satu dari bahasan kuliah system cerdas, muncul gagasan menciptakan ini adalah manusia menginginkan sebuah mesin yang dapat berpikir seperti manusia karena pengertian dari AI adalah kecerdasan buatan. Maksud dari mesin yang berpikir adalah jika suatu mesin diberikan input atau gejala masalah yang ada dan secara otomatis dapat menentukan sebuah pemecahan dari masalah tersebut. Perbedaan antara AI dengan jaringan saraf tiruan terletak pada fungsi keduanya, jika dalam JST mesin akan diberikan pembelajaran tentang input atau masalah yang merupakan factor dari pemecahan masalah dan mesin tersebut akan dapat mengenali apakah gejala atau input tersebut dapat diarahkan untuk mengenali sebuah output yang diinginkan oleh penciptanya, pendek kata JST berada pada kisaran dapat mengenali, sedangkan AI dapat memecahkan masalah yang berhubungan dengan apa yang mereka mesin pelajari dari gejala dan input yang diberikan. Menurut Rich and Knight (1991) Artificial Intelligence adalah study tentang bagaimana membuat komputer dapat melakukan hal-hal yang lebih baik dari manusia.

Jenis-Jenis Kecerdasan Buatan
Dalam perkembangannya kecerdasan buatan dapat dikelompokkan sebagai berikut :

  • Sistem Pakar (Expert System), komputer sebagai sarana untuk menyimpan pengetahuan para pakar sehingga komputer memiliki keahlian menyelesaikan permasalahan dengan meniru keahlian yang dimiliki pakar.
  • Pengolahan Bahasa Alami (Natural Language Processing), user dapat berkomunikasi dengan komputer menggunakan bahasa sehari-hari, misal bahasa inggris, bahasa indonesia, dan sebagainya.
  • Pengenalan Ucapan (Speech Recognition), manusia dapat berkomunikasi dengan komputer menggunakan suara.
  • Robotika & Sistem Sensor.
  • Computer Vision, menginterpretasikan gambar atau objek-objek tampak melalui komputer.
  • Intelligent Computer-Aided Instruction, komputer dapat digunakan sebagai tutor yang dapat melatih & mengajar.
  • Game Playing.
  • Soft Computing

Soft computing merupakan sebuah inovasi dalam membangun sistem cerdas yaitu sistem yang memiliki keahlian seperti manusia pada domain tertentu, mampu beradaptasi dan belajar agar dapat bekerja lebih baik jika terjadi perubahan lingkungan. Soft computing mengeksploitasi adanya toleransi terhadap ketidaktepatan, ketidakpastian, dan kebenaran parsial untuk dapat diselesaikan dan dikendalikan dengan mudah agar sesuai dengan realita (Prof. Lotfi A Zadeh, 1992). Sebuah contoh aplikasi AI digunakan dalam produk mainan di tahun 1999 yang diberi nama AIBO merupakan sebuah mainan robot anjing yang memiliki intelegence, atau kecerdasan. berikut gambarnya:

 

 

 Perkataan penuh motivasi muncul dari dosen kami bapak Dr. Soegianto, bahwa setiap manusia yang harus mengerti dimana bidang yang disukai serta jadikan itu sebagai pembawa manfaat baik untuk diri sendiri dan orang lain. Kurang lebihnya seperti itu, terimakasih atas kunjungan dan minat kawan dalam membaca blogku, pertanyaan dan kritik yang membangun sangat ditunggu…….

CIAO…..!! 

Tinggalkan Komentar

Nama :
E-mail :
Web : tanpa http://
Komentar :
Verification Code :