AHSANUNNIDHOM

Berpacu menjadi yang terbaik

JST

diposting oleh ahsanunnidhom---fst10 pada 17 March 2013
di Umum - 0 komentar

JARINGAN SARAF TIRUAN

Waduh untuk kuliah kali ini menarik karena menggunakan fasilitas tanpa batas ruang dan waktu sehingga mahasiswa dapat mengeksplor asi semua kemampuaan dari individu diri. Bahasan  masalah untuk  pertemuan kedua adalah tentang jaringan saraf tiruan. Pengertian jaringan saraf tiruan adalah suatu representasi dari otak manusia  yang memiliki jaringan saraf sebagai metode pembelajaran otak, mengapa disebut sebagai jaringan tiruan? karena saraf ini dibuat menyerupai kinerja dari saraf otak manusia bedanya terletak pada stimulusnya jika otak adalah gel listrik sedangkan jaringan saraf tiruan adalah data.

Sejarah awal terbentkya JST ( Jaringan Saraf Tiruan ) dimulai tahun 1940 oleh ilmuan Psikologi yang menerapkannya dalam komputer kemudian berkembang ke tahun 1943 oleh McClloch dan Pitt merancang model format neuron pertama kali, dilanjutkan  tahun 1954 dikembangakan oleh Farley dan Clark setup dan merespon seperti  adaptif terhadap stimulus serta merespon secara random. Tahun 1960 Windrow dan hoff mengembangkan Adaline yang dilaih dengan pembelajaran Least Mean Square (LMS). 1975 Little dan shaw menggambarkan jaringan syaraf dengan probabilistik , tahun 1985 algoritma pembelajaran dengan mesin Boltzman, kemudian di tahun 1987 kosko mengembangkan jaringan Adaptive Bidirectional  Associate Memory (BAM), 1988 dikembangkan lah fungsi radial bebas.

Komponen Jaringan saraf  seperti berikut :

  • neuron sel syaraf yang akan mentransformasikan informasi yang diterima melalui sambungan keluarnya menuju neuron-neuron yang lain.
  • neuron yang saling berhubungan disebut sebagai bobot

 

 

Lapisan-lapisan ( layer ) terbentuk atas kumpulan neuron-neuron disebut sebagai neuron layer.

Informasi merambat pada lapisan input menuju ke output  yang dikenal sebagai Hiden Layer, tergantung pada algoritma pembelajaran.

 

Arsitektur jaringan  terdapat  :

ada yang singgle layer , hanya menerima input kemudian secara langsung akan mengolahnya menjadi output tanpa harus melalui lapisan tersembunyi.

 

 

jaringan dengan lapisan banyak memiliki lapisan lebih dari satu, ada lapisan bobot yang terletak antara 2 lapisan yang bersebelahan.

 

 

aplikasi jaringan saraf tiruan dalm dunia industri sebagai pembeda antara teh kualitas terbaik atau bukan lewat aroma tehnya.

dalam dunia medis diguanakan sebagai pemberi isyarat anak termasuk kategori khusus atau bukan lewat sidik jari.

hanya ini yang bisa dibagikan pertanyaan dan saran yang membangun sangat ditunggu.....terimakasih sudah membaca dan mengunjungi.....

Tinggalkan Komentar

Nama :
E-mail :
Web : tanpa http://
Komentar :
Verification Code :