AHSANUNNIDHOM

Berpacu menjadi yang terbaik

UAS PROKOM

diposting oleh ahsanunnidhom---fst10 pada 29 June 2012
di Umum - 0 komentar

Kali pertama menemukan ujian yang diadakan dalam dunia maya begitu menarik, berikut merupakan soal yang diberikan oleh bapak dosen Sugianto :

“UAS sesi saya untuk kuliah PEMROGRAMAN KOMPUTER, Tekno biomedik :
1. Buat analisa bagaimana cara melakukan pengamanan komputer agar terhindar dari virus.
2. Bagaimana cara membuat PC rakitan dengan OS windows 7 bisa digunakan sebagai sistem server untuk web server dan database server
3. Bandingkan sistem android,symbian, IOS dan windows mobile.

Semua jawaban tulis di Blog masing2x.
Yang boleh mengerjakan UAS adalah yang sudah mengunggah Video ke youtube.
Judul halaman blognya : UAS PEMROGRAMAN KOMPUTER
Harus disertakan teks : "Atas Nama Pencipta Jagad Raya, saya (tuliskan nama sampean masing-masing) mengerjakan tugas ini dengan jujur "
+++++++++++++++++++++++++++++
Terimaksih “

Ok, akan aku coba untuk menjawabnya dengan pengetahuan yang ku tahu :

Poin pertama virus merupakan sebuah masalah yang sangat ditakuti oleh kebanyakan pemilik komputer sebab virus sangat mengganggu kinerja komputer yang digunakan. Virus akan menyerang pada sebuah komputer yang tidak memiliki sebuak proteksi yang kuat. Berikut merupakan langkah supaya komputer terhindar dari virus :

  • Untuk melindungi sebuah komputer dari virus maka harus memiliki sebuah anti virus. Anti virus yang ada di pasaran bermacam-macam pilih salah satu yang memiliki kemampuan yang memang dibutuhkan oleh sebuah komputer. Anti virus merupakan langkah awal dari sebuah proteksi komputer dari serangan virus. Jika dalam komputer sudah terdapat sebuah anti virus maka haruslah senantiasa di update karena setiap hari muncul jenis baru dari virus.

  • Selalu scan apapun data yang masuk dalam komputer, meskipun flashdisk atau penyimpanan data yang sudah sering dipakai oleh si pengguna komputer.

  • Membuat back up data, karena cara ini merupakan cara ampuh karena virus dapat merusak data yang ada dalam sebuah komputer. Back up data dapat dilakukan menggunakan suatu perangkat lunak atau dengan menyimpan data kedalam DVD atau falashdisk.

  • Menggunakan dan mengaktifkan firewall, dimaksudkan untuk menjaga koneksi jaringan internet sebuah komputer karena bukan tidak mungkin virus dapat masuk dalam koneksi jaringan ini karena firewall dapat memblokir alamat yang dicurigai ada virus.

Poin kedua untuk membuat sebuah server yang digunakan untuk server database dan server web tentunya harus memiliki PC yang memiliki spesifikasi untuk kedua server diatas. Untuk menjadi sebuah PC server harus memiliki sebuah spesifikasi sebagai berikut :

Prosesor Intel Dual Core (2.6 Ghz) TRAY
Mainboard ASUS/Gigabyte/ECS
Memory DDR2 V-gen 2 Gb
Harddisk 80 Gb Seagate/Maxtor/Samsung SATA
Keyboard + Mouse Simbadda
Casing ATX 450w + 2 FAN CPU
LCD Monitor LG/Samsung Wide Screen 17″
DVD-RW Samsung

 

 

Untuk merk yang digunakan tergantung oleh kegemaran masing-masig. Untuk membuat server web tentunya haruslah memiliki sebuah koeksi internet yang memadai. Langkah untuk membuat web server selanjutnya adalah membeli domain kemudian gunakan aplikasi web server , seperti menggunakan APACHE karena biaya murah.setelah itu install dalam apache telah terdapat PHP dan MySql, dimana nantinya dapat digunakan sebagai database.

Poin ketiga mengenai O.S yaitu android,IOS,symbian dan windows mobile dimana semua O.S diatas digunakan dalan sebuah smartphone.

Berikut merupakan perbedaan dari keempat O.S yang digunakan dalam smartphone tersebut :

Dari segi pemasaran O.S ini memiliki perbedaan, Untuk pasaran android sekarang telah banyak digunakan dan hampir semua smartphone menggunakan O.S ini, sedangkan untuk iOS yang dimiliki oleh apple memiliki pemasaran hanya digunakan oleh perusahaan apple sendiri, untuk O.S symbian pada tahun ini mengalami penurunan pemakai dan O.S ini banyak digunakan oleh vendor Nokia, sedangkan O.S windows mobile hanya terbatas penggunaanya dari pasaran. Oleh sebab itu dari segi pemasaran keempat O.S ini memiliki penggemar sendiri.

Dari segi pembaharuan atau upgrade O.S, dalam symbian dan android dkenal istilah upgrade, sedangkan untuk iOS dan windows mobile tidak dikenal istilah ini. Jadi jika ada keluarran terbaru dar O.Snya symbian dan androidlah yang dapat di upgarde.

Dari segi aplikasi dan fitur pendukungnya. Dalam hal ini android unggul karena alikasi yang ditawarkan banyak tersedia dan biasanya gratis inilah yang menyebabkan banyak yang mengguakan android dan juga android merupakan open source. Tapi untuk aplikasi dari iOS tentunya tidak kalah dari android mereka memiliki pasaran yang unik dan tak dapat digunakan oleh selain pengguna apple. Aplikasi lain yang menggiurkan juga diberikan oleh windows mobile karena dapat mengakses windows layaknya seperti PC tetapi dalam bentuk mini. Sedangkan untuk aplikasi symbian sangat banyak juga tetapi perbebaan dari android terletak pada open source yang dmiliki android. Untuk fitur tentunya pasti semua memilih ios sebagai yang baik karena memiliki gebrakan dalan fitur yang variatif dan sangat menarik. Dan untuk yang lain memiliki fitur yang standart.

Inilah jawaban yang sudah aku utarakan. Semoga dapat menuai nilai yang memuaskan. Dan untuk para pembaca tentu saran dan kritik yang membangun dapat disertakan dalam koment. Kurang lebihnya aku mohon maaf, oh ya sapmai lupa kata terakhirnya........ : "Atas Nama Pencipta Jagad Raya, saya (ahsanunnidhom) mengerjakan tugas ini dengan jujur ".....

 

 

dikutip dari sini dan sini dengan gubahan seperlunya.

Tinggalkan Komentar

Nama :
E-mail :
Web : tanpa http://
Komentar :
Verification Code :