AHSANUNNIDHOM

Berpacu menjadi yang terbaik

BIOS dan SAFE MODE

diposting oleh ahsanunnidhom---fst10 pada 28 May 2012
di Umum - 0 komentar

Pertemua kedua kali ini aku akan membahas tentang BIOS dan save mode. Ini merupakan kali pertama aku mendapatkan pengetahuan tentang BIOS dan SAVE mode. Tanpa basa-basi lagi mari kita masuk dalam inti penjelasan singkat tentang apa yang telah aku dapatkan dalam kuliah ini.

BIOS itu apa? Pertanyaan itu muncul pertama kali ketika kuliah dilangsungkan. Istilah BIOS pertama kali muncul dalam sistem operasi CP/M, yang merupakan bagian dari CP/M yang dimuat pada saat proses booting dimulai yang berhadapan secara langsung dengan perangkat keras (beberapa mesin yang menjalankan CP/M memiliki boot loader sederhana dalam ROM). Kebanyakan versi DOS memiliki sebuah berkas yang disebut “IBMBIO.COM” (IBM PC-DOS) atau “IO.SYS” (MS-DOS) yang berfungsi sama seperti halnya CP/M disk BIOS,kata bios berasal dari bahasa yunani yang memiliki arti “kehidupan”. Tapi pengertian menurut ilmu komputer BIOS merupakan singkatan dari Basic Input Output System ,dalam komputer  BIOS melakukan kinerja sebagai berikut :

  1. Inisialisasi (penyalaan) serta pengujian terhadap perangkat keras.
  2. Memuat dan menjalankan sistem operasi.
  3. Mengatur beberapa konfigurasi dasar dalam komputer .
  4. Membantu sistem operasi dan aplikasi dalam proses pengaturan perangkat keras dengan menggunakan BIOS Runtime service.

 

BIOS ini terletak dalam chip yang ada pada motherboard. BIOS dituliskan dalam bahasa assembly.Penguna komputer dapat mengatur BIOS melalui layar konfigurasi ketika starup pertama setelah komputer dihidupkan cara menampilkan BIOS memiliki tombol khusus tergantung vendor mana yang mengeluarkan komputer tersebut.

Berikut merupakan tampilan yang umum pada BIOS ;

 

 

   

Penjelasan selanjutnya adalah tentang safe mode. Safe mode merupakan opsi pilihan starup windows yng memiliki fungsi menangani jika ada masalah dengan sistem.  Jikia kita mengaktifkan safe mode maka windows akan bekerja seminimal mungkin. Dan akan muncul sebuah dialog  yang akan memberikan suatu pertanyaan apakah anda ingin masuk pada safe mode? Kurang lebih pengertian ari pertanyaannya seperti itu.  Cara masuk dalam safe mode adalah dengan menekan F8 ketika windows sedang booting. Safe mode memiliki kegunaan sebagai berikut :

  1. Untuk menghilangkan virus.
  2. Mengakses sitem restore.
  3. Memperbaiki kerusakan software.

 sekian yang aku dapat dari materi kuliah, bila ada saran dan pertanyaan monggo, akan ku usahakan menjawab dengan maksimal......

dikutip dari sini dan sini

Tinggalkan Komentar

Nama :
E-mail :
Web : tanpa http://
Komentar :
Verification Code :