AHSANUNNIDHOM

Berpacu menjadi yang terbaik

Mengesankan

diposting oleh ahsanunnidhom---fst10 pada 20 May 2012
di Umum - 2 komentar

Mengesankan. Itulah kata awal  yang terlintas di benakku, baru kali ini ada seorang pengajar yang begitu banyak menetapkan standar  penilaian kepada mahasiswanya. Ada suatu kutipan yang menarik dari perkuliahan pertama ini ”kuliah zaman sekarang tidak dibatasi oleh ruangan dan waktu kuliah!” Anda bebas mengambil ilmu dari berbagai sumber asal dapat dipertanggungjawabkan.

Inilah awal mula aku menulis sebuah tulisan pada sebuah blog dan tentunya , mengambil dari berbagai sumber yang ada. Tulisan pertama dari blog ku ini tentang kuliah pemrograman komputer yang pada pertemuan pertama membahas tentang OPERATING SYSTEM atau yang lebih dikenal dengan singkatan O.S.  seperti kata peribahasa yang berbunyi tak kenal maka tak sayang. Maka untuk itu bahasan tema operating sistem ini saya diawali dengan :

Pengertian dari O.P (Operating system)

Menurut sumber yang ada, O.S atau Operating system adalah suatu prangkat lunak yang bertugas untuk mengontrol dan memanajemen perangkat keras pada komputer,  operasi-operasi dasar sistem,termasuk menjalankan aplikasi seperti program pengolah kata dan penjelajah atau web. Operating system merupakan lapisan pertama perangkat lunak yang disimpan didalam memori komputer. Sedangkan software yang ada merupakan sistem didalam O.S tersebut.

Suatu sistem operasi komputer merupakan suatu media penghubung antara perangkat lunak dan perangkat keras. Lebih jauh lagi peran suatu operating system sangat banyak, seperti menjamin suatu aplikasi dapat berjalan dalam memori sebuah komputer. Mengatur proses input dan output terhadap peralatan lain. Apabila suatu aplikasi berjalan secara bersamaan maka O.S akan bekerja sebagai suatu media penjadwal yang tepat, supaya aplikasi tak saling mengganggu. Didalam suatu O.S terdapat suatu pustaka dari fungsi-fungsi standar, yang mengakibatkan aplikasi lain dapat memanggilnya tanpa perlu membuat baru.

Elemen penyusun Sistem Operasi secara umum terdiri dari beberapa bagian:

  • Mekanisme Boot, yaitu meletakkan kernel ke dalam memory
  • Kernel, yaitu inti dari sebuah Sistem Operasi
  • Command Interpreter atau shell, yang bertugas membaca input dari pengguna
  • Pustaka-pustaka, yaitu yang menyediakan kumpulan fungsi dasar dan standar yang dapat dipanggil oleh aplikasi lain

Cara mengakses suatu perangkat hardware baru diluar sutu sistem komputer biasanya terdapat suatu yang disebut sebagai driver. Driver disini merupakan suatu media “penyambung” antara sistem operasi pada komputer dengan hardware baru yang akan masuk dalam sistemnya.

Sebagian Sistem Operasi hanya mengizinkan satu aplikasi saja yang berjalan pada satu waktu (misalnya DOS), tetapi sebagian besar Sistem Operasi baru mengizinkan beberapa aplikasi berjalan secara simultan pada waktu yang bersamaan. Sistem Operasi seperti ini disebut sebagai Multi-tasking Operating System (misalnya keluarga sistem operasi UNIX). Beberapa Sistem Operasi berukuran sangat besar dan kompleks, serta inputnya tergantung kepada input pengguna, sedangkan Sistem Operasi lainnya sangat kecil dan dibuat dengan asumsi bekerja tanpa intervensi manusia sama sekali. Tipe yang pertama sering disebut sebagai Desktop OS, sedangkan tipe kedua adalah Real-Time OS, contohnya adalah Linux, Free BSD, Solaris, palm, symbian, dan sebagainya .

Jenis jenis operating system :

Sistem operasi-sistem operasi utama yang digunakan komputer sistem umum (termasuk PC, komputer personal) terbagi menjadi 3 kelompok besar:

  1. Keluarga Microsoft Windows - yang antara lain terdiri dari Windows Desktop Environment (versi 1.x hingga versi 3.x), Windows 9x (Windows 95, 98, dan Windows ME), dan Windows NT (Windows NT 3.x, Windows NT 4.0, Windows 2000, Windows XP, Windows Server 2003, Windows Vista, Windows Server 2008, Windows 7 (Seven) yang dirilis pada tahun 2009, dan Windows 8 yang akan dirilis pada tahun 2012 atau lebih lambat)).
  2. Keluarga Unix yang menggunakan antarmuka sistem operasi POSIX, seperti SCO UNIX, keluarga BSD (Berkeley Software Distribution), GNU/Linux, MacOS/X (berbasis kernel BSD yang dimodifikasi, dan dikenal dengan nama Darwin) dan GNU/Hurd.
  3. Mac OS, adalah sistem operasi untuk komputer keluaran Apple yang biasa disebut Mac atau Macintosh. Sistem operasi yang terbaru adalah Mac OS X versi 10.6 (Snow Leopard). Musim panas 2011 direncanakan peluncuran versi 10.7 (Lion).

Sedangkan komputer Mainframe, dan Super komputer menggunakan banyak sekali sistem operasi yang berbeda-beda, umumnya merupakan turunan dari sistem operasi UNIX yang dikembangkan oleh vendor seperti IBM AIX, HP/UX, dll.

                Waduh , sekian yang dapat aku berikan untuk tulisan pertamaku di blog ini. Semoga dapat memberikan sedikit pengetahuan anda. Mengenai hal yang belum lengkap tentang tulisanku anda dapat memberikan masukan/saran,( tentunya yang membangun ). Untuk pertanyaan anda boleh juga memberikannya, tentunya aku akan berusaha untuk menjawab dengan sebaik-baiknya. Terimakasih atas kunjungannya . nantikan tulisan berikutnya.....

artikel ini dikutip dan diedit seperlunya dari sini dan sini.

2 Komentar

rizal ichwansyah

pada : 21 May 2012


"apakah mekanisme plug and play dapat berjalan pada windows 98?

terima kasih"


empunya

pada : 28 May 2012


"mekanisme plug and play pada Windows 98 sudah tersedia dan tentunya dapat berjalan karena terdapat auto run(dalam hardwarenya) yg mengakibatkan harware dapat diakses secara otomatis. bagai mana Gan?...ini menurutku.... "


Tinggalkan Komentar

Nama :
E-mail :
Web : tanpa http://
Komentar :
Verification Code :